Ilmu Pengetahuan murni Dan Ilmu Pengetahuan Yang Di Terapkan Sebagai Sifat Psikologi Pendidikan



Dalam lapangan ilmu pengetahuan kita sering membedakan adanya dua macam ilmu.

Kedua Jenis Ilmu tersebut antara lain:
1).Ilmu Pengetahuan Murni dan
2).Ilmu Pengetahuan Yang Di Terapkan

Ilmu pengetahuan murni bemaksud menelaah sesuatu secara teoritis dan sistematis. Penyelidikan di lakukan secara seksama untuk mendapatkan kebenaran semata-mata.
Penyelidik dalam usaha mencapai kebenaran itu tidak memikirkan nilai praktis dari hasil penyelidikan itu walaupun mungkin pada saat itu hasil penyelidikan itu memiliki arti praktis juga, tujuan satu-satunya ialah mengejar kebenaran.

Ilmu pengetahuan yang di terapkan, yang sering juga di sebut ilmu pengetahuan terpakai, mencari dasar-dasar yang berguna bagi pemecahan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-sehari.

Bagi orang yang bergerak dalam lapangan psikologi pendidikan, perbedaan itu perlu di sadari, sebab banyak kalangan-kalangan yang membicarakan tingkah laku sistematis yang dapat berguna bagi mereka yang bergerak dalam lapangan teoritis sering di anggap remeh oleh ahli-ahli ilmu pengetahuan terpakai.

Anggapan yang demikian ini tidak dapat di benarkan sebab dua macam itu bukan dua hal yang bertentangan, tetapi dua macam ilmu itu merupakan dua hal yang mempunyai kedudukan yang sama dan mempunyai sifat yang saling mengisi dan saling melengkapi.

Misalnya, ilmu teknik yang biasanya di masukkan dalam golongan ilmu pengetahuan terpakai juga membutuhkan bantuan ilmu-ilmu yang bersifat teoritis seperti fisika, aljabar dan ilmu ukur.

Termasuk yang manakah psikologi pendidikan itu ?

Ada sementara pendapat bahwa psikologi pendidikan bukanlah psikologi yang di terapkan. Ini di sebabkan karena psikologi pendidikan banyak masalah-masalah yang tidak di bicarakan dalam psikologi umum.

misalnya teknik pengukuran, diagnosis mengenai kesukaran dalam belajar, pertumbuhan dalam hubungannya dengan pendidikan bahkan pendapat ini lebih lanjut menekankan bahwa sumbangan psikologi pendidikan kepada para ahli psikologi umum lebih banyak daripada sebaliknya.

Namun demikian para ahli psikologi pendidikan merupakan ilmu pengetahuan terpakai dan merupakan pengabdian psikologi dalam lapangan pendidikan.

Para ahli psikologi pendidikan dalam menciptakan hukum teori selalu di laksanakan dalam praktek pendidikan di sekolah. Dapat di simpulkan pula bahwa psikologi pendidikan dapat berperan sebagai teknik dalam memecahkan masalah-masalah pendidikan.
https://feeds.feedburner.com/kelassonline